Printer merupakan perangkat keras yang dapat mencetak dokumen digital kedalam bentuk fisik atau hard copy pada media kertas atau media lainnya. Di era digital ini penggunaan printer sudah tidak asing lagi mengingat banyak manfaat yang diperoleh dari printer itu sendiri. printer juga berkembang dengan pesat seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, jika dulu kita mengenal printer dot matrix lalu inkjet dan kemudian printer dengan teknologi laser bahkan telah berkembangnya printer multifungsi yang dapat melakukan berbagai tugas percetakan hanya dalam satu perangkat saja, sangat memudahkan pekerjaan kita dan banyak memberi manfaat.

Tinnginya kebutuhan masyarakat akan printer dalam menunjang pekerjaannya membuat para produsen printer berlomba-lomba memproduksi printer dengan harga  yang dapat dijangkau oleh kalangan menengah dan memiliki budget yang terbatas. sehingga kita pun tak perlu kesulitan untuk menemukan printer murah dan bagus di pasaran.

Tak jarang sebagian orang membeli printer berulang kali karena printernya cepat rusak dan tidak bisa digunakan kembali. mungkin anda salah satunya. Memang sangat sulit mendapatkan printer yang awet dan tahan banting meski digunakan terus menerus atau sebaliknya jarang digunakan.

Yang terpenting adalah bagaimana kita melakukan maintenance yang baik terhadap printer kita. misalnya bersihkanlah debu dari printer anda terutama bagian cardtridge agar pada saat pencetakan tidak macet atau hasil cetakan kurang rapi.

Hal yang sering jadi kendala dalam penggunaan printer adalah pengisian tinta, pengisian tinta dengan metode infus lebih memudahkan pengisian karena tinggal menambahkan saja tinta pada tabung infus tanpa perlu melepas cartridge. tetapi jika penggunaannya asal-asalan dapat menyebabkan tinta banjir atau mengering jika tidak digunakan untuk waktu yang cukup lama. oleh karena itu perlu diperhatikan penggunaan dan perawatan printer yang baik dan benar.

Dengan begitu meski membeli printer murah dan bagus dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama alias awet. sehingga printer yang anda beli dapat bermanfaat dan tidak merugikan anda karena salah pilih printer. carilah referensi yang cukup sebelum membeli printer.