Biasanya anak sejak usia dini atau biasa dimulai dari usianya yang ke dua tahun, merupakan masa-masa atau mulai hobi memegang dan mengambil benda-benda yang ada di sekitarnya.

Kecerdasan anak tentunya dimulai sejak kecil ketika mereka mencoba untuk melakukan sesuatu dengan penuh percaya diri serta penuh keyakinan bahwa dirinya bisa.

mendidik anak

Jika anak mengambil gunting kemudian digunakan untuk memotong kertas, berarti anak sudah mengetahui fungsi gunting untuk memotong. Hal inilah kecerdasan anak dimulai.

Sebagian orangtua tentunya akan melarang anak, ketika anak mengambil gunting, dengan alasan takut anak tersebut tergunting, padahal jika pengarahan dan memberitahukan cara penggunaanya yang benar, maka anak akan menjadi faham serta dapat menerimanya sebagai sebuah langkah yang akan ia lakukan suatu saat nanti.

Oleh karena itu dalam mendidik anak tentu dimulai  dari bimbingan dan dukungan kepadanya untuk berbuat sesuatu.  

Berikut melatih tangan anak agar kreatif rajin dan pintar

  1. Kegiatan Melipat Kertas

Dalam latihan ini anda bisa menggunakan kertas putih polos untuk dilipat menjadi berbagai macam bentuk misalnya membuat lipatan segitiga atau lipatan amplop, berikan contoh, dan biakan ia berusaha membuat dengan kemampuannya. Kegiatan melipat kertas tentunya akan melatih koordinasi antara mata dengan gerakan jari-jari kedua tangan anak. 

    2. Menggambar dengan Krayon atau Pinsil Warna

Selanjutnya adalah menggoreskan krayon atau pinsil warna di atas kertas baik untuk melatih anak dalam mengendalikan gerakan ibu jari atau jari telunjuk serta jari tengahnya pada satu titik sewaktu menggenggam batang krayon maupun pinsil warna

   3. Memasang Kepingan Puzzle

Mengambil kepingan puzzle merupakan metode dalam melatih anak untuk mengontrol gerakan ibu jari dan telunjuk. Sebaiknya sediakan puzzle terlebih dahulu. Dan susun puzzle menjadi 4,5 dan 6 bagian dan seterusnya

    4. Kegiatan Menggunting dan Menempel

Manfaat dan fungsi dari kegiatan ini adalah melatih mata anak untuk memberi petunjuk arah, tangan kiri memegang kertas sementara tangan kanan memegang gunting dan menggerakkannya mengikuti garis pola pada kertas yang bergaris. Selain itu, menempel juga merupakan kegiatan yang melatih kecermatan dalam mengendalikan gerakan tangan mengikuti pola yang ditentukan. Hal ini melatih konsentrasi dan kreativitas pola piker anak yang meningkat serta penggabungan daya otak dengan tangan yang bisa bekerjasama.

Demikian cara melatih tangan anak agar selalu kreatif sebagai langkah dan upaya dalam mendidik anak. Berikan si kecil susu dancow sebagai pendukung pola pikrinya untuk membuatnya menjadi aktiof dan kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here