Jika sudah terserang penyakit satu-satunya cara untuk bisa sembuh tentunya hanya dengan mengkonsumsi obat bukan, hanya saja ternyata tak semua jenis obat tersebut berdampak baik bagi kesehatan Anda. Banyak juga diantaranya yang mampu meredakan penyakit, namun menimbulkan masalah lain yaitu alergi. Sebuah kondisi khusus pada tubuh yang banyak diderita oleh masyarakat. Jadi kendalikan alergi tak semudah yang dibayangkan. Karena ia bukan sebuah penyakit. Melainkan respon abnormal dari tubuh, hanya bisa diatasi dengan beberapa cara saja.

gatal-kulit

Produk obat-obatan yang dijual di pasaran memang tak semuanya ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan, banyak diantaranya yang dibuat dari bahan-bahan penyebab allergen. Sehingga terkadang membuat kulit menjadi bengkak memerah, rasa mual muntah, hingga dampak-dampak lain yang lebih membahayakan. Berikut ini setidaknya beberapa jenis obat-obatan yang harus Anda waspadai karena bisa memicu reaksi alergi, diantaranya adalah:

  1. Antibiotik, obat yang satu ini paling umum dijumpai di pasaran, ia mengandung salah satu senyawa yang dinamakan sebagai sulfonamide. Bagi mereka yang memiliki kecenderungan alergi sulfat maka akan merasa gejala-gejalanya, seperti kulit yang berubah menjadi gatal. Reaksi lainnya juga bisa berupa diare hingga muntah-muntah.
  2. Vaksin, ia diberikan sekali dalam seumur hidup biasanya, hanya diperuntukkan agar tubuh kebal terhadap satu penyakit tertentu dan biasanya dibuat dari bakteri penyakit tersebut yang sudah dilumpuhkan, efek sampingnya adalah alergi, apalagi untuk anak-anak dengan kekebalan tubuh yang lemah.

Reaksi yang abnormal tersebut satu-satunya caranya untuk mengatasi tentunya dengan menghentikan penggunaannya. Biasanya nantinya dokter juga akan memberi resep obat lain, dengan kandungan berbeda, tanpa bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi tersebut.

Khusus untuk Anda yang memiliki reaksi alergi pada obat-obatan ini, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum diresepkan obat untuk mengatasi penyakit. Jadi anda harus mengenal alergi secara tepat dengan langkah yang benar. Karena alergi ini bukan penyakit yang diobati maka jauh lebih penting bagi Anda untuk menghindari bahan-bahan penyebab atau pemicunya, baik itu makanan, kondisi lingkungan maupun obat-obatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here