mual saat hamilAdanya rasa mual yang sering dialami saat hamil sering kali mengganggu berbagai aktivitas yang akan dilakukan. Terutama lagi mual saat hamil muda yang menjadikan malasnya untuk melakukan apapun. Rasa mual yang sering ada biasanya sering datang pada waktu pagi hari saat sarapan atau bangun tidur.

Akan tetapi sering juga mual yang datangnya pada waktu siang, sore, dan juga malam hari. Dengan kedatangannya yang sering mendadak tentunya akan mengganggu sekali apalagi untuk kesehatan ibu hamil.

Untuk rasa mual saat hamil terutama pada pagi hari atau yang sering disebut morning sickness, bisa terjadi karena meningkatnya hormon seperti estrogen, progesteron, dan juga hCG. Adanya hormon ini juga bisa mempengaruhi akan beberapa fungsi organ tubuh.

Adanya rasa mual pada saat hamil menurut suatu penelitian hampir dialami oleh kebanyakan wanita hamil yaitu mencapai 70 persen. Selain itu rasa mual ini terkadang disertai juga dengan muntah-muntah yang menurut penelitian bisa mencapai 50 persen dari wanita hamil mengalami mual disertai muntah.

Usia kehamilan yang sering mengalami kondisi mual bahkan disertai muntah ini biasanya terjadi saat usia kandungan memasuki satu atau dua bulan. Saat wanita hamil mengalami hal lalu apakah berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya? Sebenarnya adanya rasa mual yang sering dialami merupakan hal yang wajar, ini karena adanya perubahan hormon yang memang dibutuhkan dalam mendukung kehamilan. Sehingga jika anda mengalami hal ini sebaiknya tidak juga terlalu khawatir.

Penting untuk diketahui ketika mual saat hamil ini melihat dari kondisi ibu hamil. Jika rasa mual dan muntah yang dialami justru membuat kondisinya menjadi semakin buruk, maka bisa jadi kondisi tersebut bukan saja disebabkan oleh perubahan hormaon saja.

Hal ini bisa juga terjadi karena hal lainnya seperti adanya sindrom Hipremesis Gravidarium, yang tandanya sering terjadi mual dan muntah yang terjadi secara terus-menerus sepanjang masa kehamilan. Jika ini terjadi membawa ibu hamil ke dokter kandungan atau bidan bisa menjadi solusi terbaik, supaya bisa mendapatkan perawatan yang diperlukan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here