Ketombe bagai momok di siang bolong. Rasa gatal tiba-tiba hingga serpihan putih yang menempel di baju tentu akan mengganggu penampilan. Ketombe disebabkan oleh banyak faktor seperti jamur, berminyak dan kotor serta sering berganti shampo. Untuk itu ada tips menghilangkan ketombe yang harus Anda perhatikan agar ketombe tidak datang kembali.

Pada dasarnya mengatasi ketombe tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang diracik dengan benar. Berikut ini beberapa tips menghilangkan ketombe

  • Mengkudu

Mengkudu memang memiliki bau yang tidak sedap. Meski begitu, buah yang satu ini berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan termasuk rambut. Persiapkan antara 2 sampai 3 buah mengkudu dan parut sampai halus. Lalu, encerkan parutan mengkudu tersebut dengan air matang. Oleskan pada rambut hingga merata sambal dipijat lembut. Diamkan kurang lebih 10-15 menit dan keramaslah sampai bersih.

  • Daun pandan

Selain mengkudu, daun pandan bisa Anda manfaatkan sebagai bahan penghilang ketombe. Anda bisa merebus daun pandan, kemudian rebusan air tersebut dapat Anda gunakan untuk membilas rambut sampai benar-benar bersih.

  • Kunyit

Kunyit mampu mengatasi rambut ketome dan rontok karena kaya akan kandungan kurkiminoid, vitamin C dan minyak atsiri. Sediakan kunyit sebesar dua jari tangan. Parut kunyit tersebut dan peras sarinya. Usap secara merata dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin dan lakukan secara teratur.

  • Garam

Garam sangat baik untuk menghilangkan ketombe serta rasa gatal yang berlebihan. Siapkan garam secukupnya sebelum keramas, lalu taburkan garam secara merata sembari digosokkan. Diamkan beberapa saat dan keramaslah menggunakan shampoo anti-dandruff sampai bersih.

  • Alpukat

Selain dagingnya enak dijadikan jus, alpukat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe dan menjaga kesuburan rambut. Ambil daging buah alpukat lalu hancurkan hingga berbentuk pasta. Anda bisa mengoleskan pasta alpukat secara merata dan diamkan selama 20 menit. Untuk menghilangkan lengketnya, segera bilas dengan air bersih.

Nah itu tadi beberapa tips menghilangkan ketombe yang harus Anda perhatikan. Anda perlu merawat rambut agar ketombe tidak sering muncul pada kulit kepala. Rajinlah menggunakan vitamin rambut dan hindarkan dari polusi dan sinar UV.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here