Mengajari anak menulis adalah pekerjaan yang identik dengan pekerjaan seorang guru di sekolah. Padahal hal itu tidaklah benar. Sebenarnya mengajari anak supaya terampil menulis bisa dilakukkan di rumah oleh ibunya sendiri.

Karena keteramapilan menulis merupakan keterampilan pribadi yang tidak melibatkan kontribusi dari banyak orang. Beda halnya dengan keterampilan bersosial atau keterampilan mengendalikan emosi.

Anak membutuhkan teman-temannya untuk kebutuhan interaksi sosialnya. Misalnya saja untuk mengajarkan kepada anak agar dapat bermain dengan teman, menunggu giliran, atau berbagi, maka mau tidak mau harus ada orang lain pada proses belajarnya.

Nah, untuk mengembangkan keterampilan sosial emosinya lah seorang anak perlu disekolahkan di lembaga pendidikan anak usia dini seperti TK/RA. Sementara cara mengajari anak untuk menulis bisa dlakukan oleh ibunya sendiri di rumah.

Berikut adalah cara mengajari anak untuk menulis yang dapat dilakukan oleh seorang ibu di rumah.

  • Melatih kelenturan otot-otot tangan anak dengan permainan edukatif seperti plastisin atau tanah liat. Bisa juga melatih kelanturan otot-otot tangan mereka dengan melibatkannya saat membuat adonan kue. Aktivitas memijat-mijat adnan kue akan melatih otot-otot tangannya agar tidak kaku.
  • Melatih mengoordinasikan antara mata, tangan, dan otak anak dengan membiasakan mereka membuka atau mengganti baju sendiri. Terutama baju anak yang menggunakan kancing. Selain itu juga dapat dilatih dengan cara menggunting kertas secaraberaturan.
  • Melatih meniru bentuk huruf dengan menebalkan huruf atau angka yang ditulis secara terputus-putus. Belilah buku khusus untuk belajar menulis yang bisa dibeli dengan mudah di toko-toko buku.

Cara-cara di atas merupakan cara mengajari anak menulis yang berupa rangsangan dari luar diri mereka. Ada hal yang perlu dipersiapkan lebih penting lasi oleh seorang ibu di rumah. Hal penting tersebut adalah menyiapkan organ-organ tubuh anak yang sehat.

Organ tubuh anak yang sangat berperan penting dalam hal keterampilan menulis adalah otak. Berilah nutrisi otak yang sangat dibutuhkan anak. Misalnya saja dengan rutin memberikan susu pertumbuhan yang mengandung kandungan DHA sebagai vitamin otak. Kandungan DHA tersebut bisa ditemukan pada susu dancow misalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here