Salah satu landasan dalam mendidik anak adalah berdasarkan pada ajaran agama yang dianutnya. Sebagai seorang muslim yang memiliki anak perempuan, maka wajib bagi orang tua untuk mengajarkan anak memakai pakaian muslimah setiap hari. Namun, namanya anak tentu belum memiliki kesadaran penuh akan kewajiban untuk menutup aurat mereka. Akan tetapi, sebagai orang tua kita harus tetap mengajarkan anak tentang salah satu kewajiban umat muslim dalam berpakaian.

Untuk mengajarkan anak dalam berpakaian yang baik, kita harus bersabar dalam membimbing anak – anak kita. Jangan menyuruh sesuatu dengan paksaan karena akan berdampak buruk bagi mental anak. Lalu, bagaimana agar anak mau berpakaian muslimah setiap hari?

Pertama, mulai dengan menjelaskan secara ringan dan mudah dipahami anak akan pentingnya setiap muslimah memakai baju yang menutup aurat. Jelaskan kenapa harus memakai baju tertutup dan apa manfaatnya.

Kedua, anak akan mencontoh orang tuanya. Jadi, jangan sampai anda menyuruh anak berpakaian muslimah tetapi anda sendiri sebagai ibunya tidak memakai pakaian yang muslimah pula. Oleh karena itu, biasakan untuk menunjukkan pakaian yang seharusnya dipakai didepan anak anda agar mereka juga mau mengikutinya.

Ketiga, berikan pakaian secara perlahan. Misalnya, awalnya anda dapat memakaikan pakaian tanpa kerudung yang berlengan panjang dan menutup hingga di bawah lutut. Selanjutnya, pakaikan baju muslim seperti gamis anak tanpa kerudung, kemudian ajarkan untuk menambah menggunakan kerudung. Jika anak tak mau berkerudung, tidak apa namun ajarkan jika setiap keluar rumah, kerudung harus dipakai.

Keempat, cari model baju muslim yang cocok untuk anak. Anda bisa mencari pakaian dengan warna yang disukai anak hingga motif baju yang lucu dan membuat anak suka memakainya.

Kelima, berikan pujian pada anak, seperti “wahh..kamu cantik sekali Nak saat memakai kerudung seperti ini!” dengan pujian, anak jadi bersemangat untuk memakai baju muslim.

Yang terpenting dari poin – poin di atas adalah mengajarkan anak memakai pakaian muslimah sejak kecil agar terbiasa. Jika anak sudah terbiasa, maka anak tidak akan merasa keberatan untuk terus memakai baju muslimah hingga ia dewasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here