Sebagai orang tua, anda diharuskan dan diwajibkan untuk senantiasa menjaga dan merawat anak anda agar selalu berada dalam kondisi yang sehat, segar dan prima. Anak merupakan titipan dari Tuhan yang harus kita jaga dan kita rawat segala sesuatunya termasuk masalah kesehatannya.

Anak merupakan amanah dari Tuhan, jika kita tidak menjaga dan tidak merawat amanah tersebut berarti kita telah membuat kesalahan fatal yang bisa membuat murka Sang Maha Pencipta. Untuk menjaga dan merawat amanah tersebut, kita harus mengetahui bagaimana cara merawat anak sehat, segar dan prima setiap saat sehingga sang anak akan bisa melakukan berbagai aktifitas yang mereka inginkan dan mereka sukai.

Satu hal, bahwa ketika kita melihat anak kita sehat, segar dan prima maka kita pun akan merasakan sebuah ketenangan dan kenyamanan hidup yang sesungguhnya. Dan berbeda sekali saat kita melihat anak kita terbaring lemah karena sakit, maka kita akan merasakan kesedihan dan keharuan yang mendalam.

Agar hal tersebut di atas tidak kita alami, maka ada beberapa cara merawat anak sehat yang bisa kita lakukan agar anak kita senatiasa berada dalam kondisi sehat, segar dan prima. Adapun cara merawat anak sehat yang bisa anda lakukan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mencuci tangan. Putus perpindahan kuman dan bakteri tersebut dengan menanamkan pada anak kebiasaan cuci tangan yang benar saat sebelum dan sesudah makan, setelah bersin atau batuk, dan satelah memegang hewan atau benda.
  2. Nutrisi harian seimbang. Agar daya tahan tubuh dan fisiknya prima, pastikan Anda memberikan asupan bergizi setiap harinya.
  3. Kesehatan mata juga perlu dijaga agar penglihatan tetap jernih supaya bisa menyaksikan berbagai keindahan demi keindahan. Periksakan mata mulai saat bayi baru lahir, saat bayi berusia antara 6 bulan-1 tahun, dan anak antara usia 3 hingga 4 tahun.
  4. Makan bersama. Anak merupakan peniru yang ulung, jadilah anda dan keluarga mencontohkannya dengan menjadi pengonsumsi yang sehat saat makan bersama di meja makan misalnya.
  5. Bergerak terus. Saat bergerak atau melakukan olahraga, aliran darah menjadi lancar, melatih motorik kasar, serta mengurangi risiko obesitas.
  6. Cara merawat anak sehat berikutnya adalah membiarkan anak asyik bermain, baik sendiri maupun dengan teman, bisa membuatnya bahagia, yang artinya membuat jiwanya sehat! Kesehatan jiwa anak jangan sampai terlupakan juga ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here