Fiber optik merupakan salah satu jenis perkembangan teknologi. Fiber optik sendiri merupakan kabel yang terbuat dari kaca atau plastik, bahan yang transparan, memiliki tekstur yang halus dan dapat digunakan untuk mentrasmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat yang lain. Kalau sering dibilang nya pasang internet tanpa kabel. Tidak perlu repot repot menarik kabel dari tiang listrik terdekat untuk memperoleh jaringannya jika menggunakan teknologi fiber optik. Kecepatan transmisi fiber optik pun sangat tinggi sehingga penggunaan teknologi ini di bidang saluran komunikasi sangat bagus. Dengan lebar bandwith yang besar membuat fiber optik memiliki kemampuan transmisi data lebih cepat dan lebih banyak dibanding menggunakan teknologi kabel biasa atau kabel konvensional. Karena itu, penggunaan fiber optik sangat cocok digunakan dalam bidang pertelekomunikasian.

Sudah banyak jasa penyedia internet yang menggunakan fiber optik sebagai saluran transmisi nya. Dengan  beberapa keuntungan penggunaan fiber optik yang salah satunya ialah kemampuan transimis data nya lebih cepat dibanding menggunakan kabel konvensional membuat masyarakat mulai melirik dengan menggunakan teknologi fiber optik untuk berlangganan wifi dirumah. Karena keuntungan tersebut itulah masyarakat memilih agar waktu loading atau buffer akan lebih cepat sehingga semua kegiatan akan cepat terselaesaikan. Kalau kita lagi streaming acara live yang memang sedang tidak tayang di saluran tv swasta atau negeri manapun yang ada di Indonesia, dan mengalami buffer, akan terlewat beberapa moment moment yang memang sudah di nanti nanti. Misalnya aja nonton serial tv the walking dead.

Kalau kalian para streamers memiliki koneksi yang tidak baik, di momen momen seru Rick lagi nyerang tempat musuhnya (spoiler) terus tiba tiba buffer pas lagi live dan agak lama, dan hal selanjutnya yang kalian tahu udah pindah scene yang lain. Kalian pasti bakal kesel sendiri, dan ga bisa jadi penonton pertama. Kalau gitu, harus tetep nyari tau apa yang udah terjadi di live chat orang lain. Jadi, jangan pikir dua kali kalau telah ketemu jasa penyedia home wifi dan kebetulan daerah rumah kalian memang sudah terpasang fiber optik.