Pasti Anda pernah mendengar banyak pegawai kantoran yang mudah sakit karena terlalu banyak bekerja. Hal itu memang benar adanya. Bagaimana tidak, tumpukan pekerjaan dengan tenggat waktu yang ketat menjadi tanggung jawab utama. Untuk menyelesaikannya, duduk di balik meja sambil memandangi layar komputer terus menerus mau tidak mau wajib dilakukan. Alhasil, stress dan berbagai keluhan penyakit pun datang.

Jika Anda kerap melakukannya tanpa henti, tentu akan menjadi kebiasaan buruk yang dianggap sudah biasa. Sama seperti beberapa kebiasaan buruk di bawah ini yang tanpa Anda sadari, sudah dilakukan sejak lama. Wah, apa saja ya? Yuk, simak beberapa di antaranya.

Postur tubuh yang buruk

Aturlah ketinggian kursi kantor sehingga kaki dapat berpijak dengan baik pada lantai. Selain itu, siku dan lengan juga harus dalam posisi sudut 90 derajat. Atur pula layar komputer sehingga mata Anda sejajar dengan sudut teratas layar. Atur juga kemiringan layar agar sedikit menghadap ke atas menuju mata.

Duduk lama di posisi yang sama

Setiap satu jam sekali, sebaiknya bangun dari kursi Anda dan berjalan kaki atau melakukan peregangan. Hal ini akan membuat aliran darah mengalir lancar ke tubuh dan otak. Tak hanya itu, otot yang tadinya kaku pun akan lebih relaks dan santai.

Ngemil kurang sehat

Ngemil memang biasa dilakukan saat bekerja. Biasanya hal ini selain untuk mengisi perut yang agak kosong, juga dapat membuat pikiran tetap terjaga. Kegiatan ini memang bagus, namun harus didukung dengan camilan yang sehat. Hindari keripik kentang yang mengandung banyak pengawet dan ganti dengan buah potong atau kacang panggang.

Meja yang berantakan

Meja yang berantakan memang tidak berpengaruh pada kesehatan fisik secara langsung, namun akan memengaruhi kondisi pikiran Anda. Jika sudah terlanjur stress, ujung-ujungnya akan membuat penyakit fisik datang menghampiri. Sebaiknya, tata meja kerja dengan baik dan rapi. Bersihkan benda yang sering tersentuh seperti keyboard untuk menghindari bersarangnya kuman dan bakteri. Dengan meja yang rapi, tentu pikiran akan tenang dan Anda pun jadi lebih produktif, kan?