Apakah kamu berencana untuk liburan ke Yogyakarta dalam waktu dekat ini? Jika iya, pasti sudah mulai hunting tempat-tempat lucu di Internet. Mengingat Yogyakarta tergolong sebagai kota  yang cukup padat wisatawan, nggak heran jika akhirnya kebanyakan destinasi wisata di sana sering kali ramai turis. Nah, buat kamu yang nggak suka liburan di tempat ramai nggak perlu khawatir.  Berikut ini kami rangkum 5 destinasi wisata anti mainstream di Yogyakarta. Simak sama-sama, yuk!

1.    Puncak Suroloyo

(Sumber gambar: www.liburmulu.com)

Yuk, jadi saksi langsung keindahan sunrise di Puncak Suroloyo. Berlokasi di Pegunungan Menoreh, destinasi wisata ini bisa kamu capai tanpa usaha. Bayangkan saja, untuk bisa sampai puncak kamu hanya perlu menapaki sekitar 290 anak tangga. Jadi, meski kamu belum pengalaman naik gunung, Puncak Suroloyo tetap sangat aman dan mudah untuk didaki. Selain memiliki hamparan pemandangan yang sangat indah, Puncak Suroloyo dipercaya sebagai lokasi Raden Mas Rangsang mendapatkan amanat untuk melakukan tapa kesatriyan.

2.    Kalisuci

(Sumber gambar: www.jogjaland.net)

Sebagian besar dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan wisata cave tubbing. Memang sih, aktivitas wisata ini sedang naik daun. Nah, jika berbicara soal cave tubbing di Yogyakarta, kebanyakan orang pasti langsung mengacu pada Goa Pindul dan Gunung Kidul. Yup, lokasi cave tubbing itu selalu ramai turis. Menariknya, sebenarnya ada satu lagi lokal cave tubbing di Yogyakarta yang masih belum banyak orang tahu yaitu Kalisuci. Terletak di Desa Pacarejo, kamu bisa menikmati serunya berpetualang menyusuri sungai di perut bumi dengan biaya masuk hanya IDR 70,000.

3.    Pantai Pok Tunggal

(Sumber gambar: www.lookjogja.blogspot.com)

Gunungkidul semakin terkenal akan keindahan wisatanya baik di kalangan traveler dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah Panti Pok Tunggal yang belum lama ini dibuka oleh pemerintah sebagai destinasi wisata umum. Meskipun akses ke pantai ini masih terbilang sulit, namun dijamin it’s all worth it! Dengan panorama pantainya yang super indah dan kebersihan lingkungan wisatanya, Pok Tunggal bisa kamu nikmati layaknya pantai pribadimu sendiri. Oh iya, selagi di sini jangan lupa untuk panjat Pohon Duras yang menjadi ikon Pantai Pok Tunggal, ya. Ini dikarenakan pohon tersebut konon sulit tumbuh dan sangat dijaga keberadaannya

4.    Gumuk Pasir Parangkusumo

(Sumber gambar: paketwisata.id)

Ini dia salah satu destinasi wisata yang menjadi kebanggaan orang Yogyakarta. Yup, apalagi kalau bukan Gumuk Pasir Parangkusumo. Buat kamu yang belum tahu, gumuk pasir adalah salah satu bentang alam yang proses pembentukannya dipengaruhi oleh angin dan terbentuk dari tumpukan pasir dalam jumlah besar. Nah, keajaiban alam ini bisa kamu temukan hanya di 2 tempat yaitu Mesiko dan di Yogyakarta, guys! Di sini kamu bisa melakukan aktivitas seru seperti menuruni bukit dengan papan seluncur. Meski terkesan cukup ekstrem, permainan ini sangat aman kok dimainkan pemula.

5.    Museum Affandi

(Sumber gambar: www.wacana.co)

Buat kamu anak-anak artsy, jangan sampai lupa untuk mampir ke Museum Affandi, ya! Museum ini merupakan tempat dimana ratusan koleksi lukisan karya Affandi yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia dan pelukis Indonesia paling terkenal di dunia internasional dipajang. Museum ini nggak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Untuk lebih tepatnya, Museum Affandi bisa kamu temukan di Jl. Laksada Adisucipto 167, di pinggir Kali Gajah Wong. Selain memamerkan lukisan, museum ini juga memajang barang-barang yang menjadi koleksi pribadi dari Affandi. Nah, untuk masuk museum ini, kamu hanya perlu membayar IDR 20,000 saja! Murah banget, bukan?!

Itu dia 5 destinasi wisata Jogja yang wajib masuk dalam list kamu. Biar liburan semakin berkesan, jangan lupa untuk bawa kamera, ya! Sebagai rekomendasi kamu bisa bawa kamera GoPro jadi tetap aman meski kamu melakukan aktivitas air. Selamat liburan..