Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan dan diperhatikan kecantikannya. Sebab di dalam kuku rentan sekali tumbuh dan berkembang kuman kuman. Bagaimana tidak, kuku berada di jari yang setiap hari melakukan aktifitas dan menyentuh barang barang yang tidak selalu dalam kondisi bersih.

Bahkan saking pentingnya menjaga kebersihan dan kecantikan dari kuku, sampai ada perawatan khusus kuku. Salah satu perawatan kuku adalah menggunakan nail polish atau cat kuku.

Nail polish
Nail polish

Berikut ini adalah beberapa rangkaian perawatan kuku, di antaranya adalah :

Membersihkan kotoran kuku
Saat kuku mulai panjang, biasanya akan ada kotoran yang tersisa pada sisi ujung kuku sehingga membuat tampilan kuku menjadi kotor. Jika kotoran ini tidak dibersihkan dengan benar maka akn menimbulkan penyakit baru pada kuku. Biasanya kotoran itu akan menyebabkan daging pada kuku menjadi infeksi, membengkak dan bernanah. Apalagi kotoran pada kuku jempol kaki, biasanya paling menumpuk dan rentan mengakibatkan infeksi. Maka dari itu saat perawatan kuku, hal yang pertama dilakukan adalah membersihkan kotoran dari kuku menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan kotoran dari kuku.

Memotong kuku
Setelah kotoran kuku sudah dibersihkan, barulah proses pemotongan kuku dimulai. Untuk memotong kuku biasanya setiap orang akan berbeda selera, ada yang menyukai memotong kuku sampai benar benar pendek, ada juga yang membiarkan kuku panjang dan dipotong hanya untuk dibentuk saja supaya lebih cantik terlihatnya.

Menghaluskan ujung kuku
Kemudian selanjutnya adalah menghaluskan ujung kuku supaya tidak kasar dari bekas gunting kuku. Jika tidak dihaluskan nanti kuku akan menjadi linu dan mudah menggores benda lain. menghaluskan ujung kuku tentunya harus menggunakan alat khusus hingga kuku menjadi halus dan nyaman.

Merias kuku
Baru yang terakhir adalah bagian untuk merias kuku, yaitu dengan menggunakan nail polish dan juga pernak pernik kuku lainnya.

Itulah beberapa rangkaian perawatan kuku yang biasanya dilakukan oleh salon salon khusus untuk melakukan perawatan pada kuku wanita, sebenarnya pria juga bisa melakukan perawatan kuku secara rutin, hanya saja kuku pria tidak ikut dirias.