Salah satu cara mempertahankan dan melindungi kondisi mobil kesayangan Anda adalah dengan mengikuti asuransi. Sebelum mendaftar, sebaiknya Anda mencoba simulasi asuransi mobil terlebih dahulu untuk mengetahui besaran premi. Simulasi sangat penting sekali untuk menentukan berapa besaran nominal uang yang akan kita keluarkan untuk pembayaran premi.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi premi asuransi mobil yang harus Anda keluarkan. Cara menentukannya bisa kita lakukan melalui simulasi seperti yang akan kami paparkan berikut:

  1. Tahun Kendaraan

Tahun kendaraan digunakan untuk menentukan usia kendaraan Anda saat didaftarkan dalam asuransi mobil. Jenis asuransi berbeda memiliki syarat tertentu untuk usia kendaraan, misalnya jika Anda memilih asuransi jenis all risk atau comprehensive, kendaraan yang didaftarkan haruslah tidak lebih dari 5 tahun.

Simulasi asuransi mobil
Simulasi asuransi mobil
  1. Harga Kendaraan

Faktor yang mempengaruhi besaran premi selanjutnya adalah harga kendaraan. Pada umumnya, hasil simulasi asuransi mobil untuk menentukan tarif premi all risk yang diterapkan perusahaan asuransi adalah:

  • 0 – 100 juta sebesar 3%
  • 100 – 150 juta sebesar 2,5%
  • 150 – 300 juta sebesar 2%
  • 300 – 500 juta sebesar 1,75%
  • 500 – 800 juta sebesar 1,5%
  • Lebih dari 800 juta sebesar 1,5%
  • Truck sebesar 2,5%

3. Jaminan Perluasan

Apabila, Anda memilih untuk menambah jaminan perluasan pada asuransi seperti jaminan ganti rugi kerusakan akibat bencana alam, kerusakan, terorisme, dan sabotase, maka besaran premi yang harus dibayarkan akan bertambah. Kisaran tarif premi jaminan perluasan yang dikenakan pada umumnya antara lain:

  1. Perlindungan bencana alam (tsunami dan gempa bumi) sebesar 0,15%
  2. Perlindungan bencana alam (banjir) sebesar 0,35%
  3. Perlindungan kerusuhan sebesar 0,35%
  4. Perlindungan terorisme dan sabotase sebesar 0,15%

Itu tadi, ulasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi premi asuransi yang dapat Anda ketahui. Untuk memastikan tarif premi sesuai dengan pelayanan dan fitur yang lengkap, Autocillin adalah pilihan asuransi dari Adira yang tepat. Kunjungi website Adira untuk info asuransi mobil lebih lengkap dan coba ketahui preminya melalui simulasi asuransi mobil Autocillin secara online dengan mudah.