Bagi para mam yang baru saja punya bayi, tentu saja yang selalu menjadi masalah adalah ganti popok. Seberapa sering kita harus menggantinya, dan apa bila si kecil buang air besar di malam hari, perlukah kita membangunkannya? Yuk, simak carapintarmam berikut ini. 

Perlukah Membangunkan Bayi Untuk Ganti Popok Di Malam Hari

Sebagian Mam pasti sudah sering diberitahu kalau Mam sebaiknya mengganti popok si kecil setelah kenyang di malam hari. Pasalnya biasanya saat malam si kecil tiba-tiba buang air besar. Jadi untuk berjaga-jaga Mam sudah pasti menggunakan popok sekali pakai agar lebih nyaman. 

Nah, pertanyaannya, setelah Mam mengendus si kecil sudah buang air besar, apakah memang harus diganti? Bagaimana bila nanti kulit bayi iritasi karena terkena bakteri? Dan Mam pasti juga dilema kalau tidur si kecil terganggu. 

Dilansir dari Todays Parent, Kathleen Mochoruk mengatakan ada beberapa situasi yang mengharuskan Mam membangunkan si kecil hanya untuk ganti popok. Menurutnya, kalau bayi punya luka, seperti iritasi parah yang butuh pemantauan, maka harus diganti. Jika tidak, Mam tidak usah terlalu khawatir dengan air seni si kecil karena tidak terlalu tinggi konsentrasinya. Biasanya bayi akan bangun karena terganggu sebab pantat terasa basah. Biasanya, hal ini terjadi kalau Mam pakai popok kain. 

Lebih lanjut, Kathleen Mochoruk menggarisbawahi situasi kapan harus ganti atau tidak. Jika Mam menyusui si kecil dengan ASI, resiko untuk mengalami iritasi kulit lebih kecil. Jadi, jika dalam kondisi ini bayi masih tidur, Mam bisa membiarkannya dulu. 

Sebaliknya, ketika Mam menyusui si kecil dengan susu formula, sebaiknya Mam mengganti popok bayi karena resiko terkena iritasi lebih tinggi. Kadang Mam akan mendengar si kecil menangis saat buang air besar. Bisa dibilang sedikit beruntung karena Mam tidak perlu membangunkannya. 

Kalau ternyata masih tidur, Mam bisa membersihkannya dengan pencahayaan redup agar si kecil tidak terbangun. Pastikan melakukannya dengan lembut dan pelan-pelan. Pastikan juga Mam juga memakaikan pakaian yang tidak ribet di malam hari agar lebih mudah diganti.

Nah, bagaimana Mam? Semoga carapintarmam di atas berguna ya!