Salah satu tips perawatan kulit yang sering dianjurkan untuk menjaga kulit tetap sehat, bersih dan cerah adalah dengan melakukan eksfoliasi. Hal ini dikarenakan, telah terjadi penumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan breakout. Untuk mengatasi hal ini lah, sebaiknya Anda melakukan eksfoliasi ini atau pengangkatan sel-sel kulit mati. Bisa dengan produk yang sudah banyak beredar di pasaran, atau pun melakukannya secara alami.

Hanya saja, tips perawatan kulit dengan melakukan eksfoliasi ini juga memiliki resiko pengrusakan kulit. Karena itu, eksfoliasi ini harus dilakukan dengan hati-hati dan penanganan khusus.

tips perawatan kulit
                                                                       tips perawatan kulit

Berikut, 4 tips yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan eksfoliasi tanpa merusak kulit.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Melakukan eksfoliasi tanpa harus merusak kondisi kulit adalah dengan memilih eksfoliator yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit. Ada dua jenis yang umum dikenal yaitu, physical exfoliant dan chemical exfoliant. Untuk physical exfoliant ada yang berbentuk sikat, spon dan pumice. Sedangkan chemical exfoliant, dalam bentuk produk skin care seperti cleanser, toner dan lotion. Pilihlah produk yang mengandung AHA, BHA, dan PHA

Mempersiapkan kulit

Persiapkan dengan benar kulit Anda sebelum melakukan exfoliasi ini. Bisa dengan cleansing brush atau pun lap basah yang telah direndam dengan air hangat, untuk mengangkat sel kulit mati. Pastikan wajah Anda sudah bersih saat melakukan proses perawatan ini, agar nutrisi eksfoliator dapat meresap ke dalam kulit. Ada baiknya lakukan di malam hari agar kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari.

Berikan nutrisi kulit setelah eksfoliasi

Jika mendapati kulit menjadi kering setelah melakukan eksfoliasi, itu merupakan hal yang wajar. Gunakanlah pelembab untuk menutrisi kulit, namun sesuaikanlah dengan jenis kulit yang Anda miliki. Saat ini sel kulit mati Anda telah terangkat, gunakanlah kesempatan ini memberikan nutrisi dari produk yang Anda gunakan akan terserap dengan sempurna.

Peka terhadap kondisi kulit

Pekalah pada kondisi kulit yang Anda miliki, baik Sebelum atau pun sesudah melakukan eksfoliasi. Perhatikan juga reaksi yang ditimbulkan setelah melakukan perawatan ini. Jika terjadi dry patch pada bagian tertentu, sebaiknya lakukan eksfoliasi lebih lama di daerah tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika terjadi iritasi atau pengelupasan berlebihan pada kulit setelah melakukan proses ini, ada baiknya mengurangi intensitas melakukan eksfoliasi.

Demikian 4 tips perawatan kulit dengan cara eksfoliasi tanpa merusak kulit. Semoga bermanfaat.