Pinjaman online belakangan ini menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Selain syarat pengajuan yang mudah, pencairan dananya juga relatif cepat ketimbang proses pinjaman melalui perbankan. Tak heran bila kemunculan platform dana pinjaman online ini begitu diminati dan menjadi angin segar bagi mereka yang membutuhkan cepat uang tunai. Tapi tidak sedikit  dari mereka yang merasa takut menjajal platform pinjaman online ini meski sedang butuh uang.

Tak lain dan tak bukan karena khawatir bernasib sama dengan nasabah-nasabah dana pinjaman online lain, yang mengalami teror penagihan utang banyak diberitakan akhir-akhir ini. Tentu saja seperti yang pepatah katakan ‘tidak ada asap bila tak ada api’. Begitu juga dengan kasus per kasus yang dialami beberapa nasabah pinjaman online tersebut. Untuk itu, tak bijak rasanya bila menyamaratakan bahwa pinjaman online itu mengerikan.

dana pinjaman online
                                                              dana pinjaman online

Maka, memahami serta bijak dalam memanfaatkan platform dana pinjaman online ini sangat penting dipahami. Jadi jangan pernah takut bila memang tidak ada yang dilanggar. Ada beberapa tips sebelum Anda memutuskan melakukan pinjaman online, yaitu:

  1. Pilih Aplikasi Pinjaman Online Resmi Sebelum ‘Download’

Tentu saja hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan transaksi pinjam uang, perhatikan dengan cermat jenis pinjaman online tersebut. Artinya jangan asal download aplikasi pinjaman online.

  1. Pilih BFI Finance Pinjaman Online Bunganya Rendah

Berikutnya adalah pilih aplikasi BFI Finance pinjaman online yang menawarkan bunga lebih kecil ketimbang lainnya. Bagaimanapun juga bunga yang rendah tentu lebih menguntungkan.

  1. Catat Tanggal Jatuh Tempo Saat Pinjaman Cair

Ketika dana pinjaman Anda sudah disetujui dan cair, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mencatat tanggal jatuh temponya. Dengan mencatatnya, maka Anda tidak akan lupa kapan utang harus dibayar.

  1. Ingat-ingat Jumlah Uang yang Dipinjam

Cara berikutnya adalah mengingat-ingat berapa jumlah tagihan atau cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Agar tidak lupa, Anda perlu mencatatnya di buku catatan khusus. Bila perlu dituliskan pada lembar sticky mote dan tempelkan di papan pada dinding.