Kehamilan merupakan sebuah hal yang sangat membanggakan bagi calon ibu. Karena akan ada anggota baru dalam keluarga yang nantinya berkembang di rahim sang ibu. Namun kehamilan seorang wanita tidak selamanya menjadi kabar yang menggembirakan, karena bisa jadi janin yang dikandung mengalami ketidaknormalan. Berikut ini akan kami beritahukan kepada anda mengenai kondisi janin abnormal yang biasanya terjadi.

Tanda-tanda janin abnormal yang harus diwaspadai

1. Lemahnya detak jantung janin

Biasanya pada minggu pertama janin memang belum memiliki detak jantung. Karena biasanya detak jantung ini mulai terdengar mulai minggu kesembilan hingga kesepuluh kehamilan. Apabila pada minggu setelah minggu kesepuluh detak jantung belum juga terdengar, tandanya janin memiliki masalah.

 

Kondisi Janin
Kondisi Janin

2. Kecilnya panjang fundus

Fundus bisa diartikan sebagai ukuran yang diukur oleh dokter dari atas rahim hingga bagian tulang kemaluan. Kegunaan dari pengukuran ini adalah untuk mengukur apakah janin yang ada dalam rahim tersebut berkembang dengan normal. Biasanya ada ukuran standar fundus yang bisa diketahui sesuai dengan umur kehamilan. Apabila panjang dari fundus tersebut tidak sesuai, ada kemungkinan besar kehamilan tersebut bermasalah.

3. Terjadinya diagnosis IUGR

IUGR (Intrauterine Growth Restriction) yaitu kondisi dimana pertumbuhan janin yang ada dalam rahim tidak sesuai dengan umur kehamilan. Masalah ini biasanya disebabkan oleh tidak berfungsinya plasenta dengan baik. Hal yang paling parah, janin akan berhenti berkembang dan sang ibu mengalami keguguran.

4. Rendahnya tingkat hormon HCG

Hormon HCG (Human Chorionic Gonadoptropin) merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh ibu hamil selama masa kehamilan. Biasanya, pada minggu kesembilan hingga keenam belas, hormon tersebut memiliki kadar yang sangat tinggi pada tubuh sang ibu. Apabila keadaan hormon diketahui dalam kadar dibawah angka normal, berarti harus ada yang diperhatikan dari kondisi kehamilan tersebut.

Berbagai tanda di atas merupakan tanda bahwa kondisi janin tidak dalam kondisi yang baik. Apabila pada ibu hamil diketahui memiliki salah satu dari keempat tanda tersebut, maka segeralah meminta tindak lanjut dari dokter agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan sang ibu.