Di tahun 2019 lalu ada banyak judul film Indonesia yang menghiasi bioskiop-bioskop. Terdiri dari bermacam genre, masing-masing film berusaha menarik penonton dengan jalan cerita yang baru dan fresh. Banyaknya ide baru yang muncul dalam dunia perfilman Indonesia membuat kualitas film lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meskipun hampir semua film yang tayang memiliki kualitas yang mumpuni, ada beberapa judul yang layak mendapat gelar sebagai film terbaik 2019. Film-film ini tidak hanya berhasil menarik penonton dengan jumlah fantastis, tetapi juga menawarkan kisah yang tidak kalah fantastis. Nah, berikut daftar film ini:

film terbaik 2019
film terbaik 2019
  1. Dua Garis Biru 

Salah satu film terbaik 2019 adalah Dua Garis Biru. Meskipun sempat mendapat berbagai penolakan karena dinilai mengajarkan pergaulan bebas, nyatanya film ini tetap mengudara. Lebih mengejutkan lagi, film ini berhasil menarik begitu banyak penonton. Jalan cerita yang mengalir lancar dan pesan moral yang terkandung membuat film ini berhasil mengeruk keuntungan. 

Dua Garis Biru bercerita tentang masalah yang melanda dua remaja yang memadu kasih. Terlena dalam indahnya cinta keduanya melakukan sebuah kesalahan yang membuat sang kekasih hamil di luar nikah. Premis cerita film ini memang sedikit menyenggol hal tabu dalam budaya Indonesia. Namun, Dua Garis Biru berhasil merajutnya dalam kisah cerita yang ciamik dan memukau.

2. Keluarga Cemara 

Keluarga Cemara kembali hadir pada layar kaca Indonesia. Setelah sebelumnya sukses sebagai film seri, Keluarga Cemara merilis versi layar lebarnya yang juga tidak kalah sukses. Masih mengangkat tema keluarga seperti sebelumnya dengan setting yang disesuaikan dengan zaman, film ini sukses membuat penonton bernostalgia dengan kesederhanaan Emak, Bapak dan kedua anaknya. 

Keluarga Cemara merupakan sebuah film yang mengajarkan bagaimana pentingnya arti sebuah keluarga lewat jalan cerita yang menyentuh. Karena itu tidak heran apabila film ini begitu sukses di pasaran.

  1. Perempuan Tanah Jahanam 

Film besutan Joko Anwar ini sedikit berbeda dengan film horor lainnya. Meskipun demikian, Perempuan Tanah Jahanam mampu menarik rasa takut dari penontonnya. Dimulai dari cerita Maya yang ingin menguak misteri keluarganya. Ia bersama kawannya, Dini lalu melakukan perjalanan dan disitulah teror dimulai. 

Tidak seperti film horor lain yang menitikberatkan pada jump scare dan hantu, film ini memberi rasa takut lewat apa yang dirasakan sang aktor. Kisah horor berbalut psikologi ini diramu dengan sangat apik sehingga mampu membuat penonton terpukau. Bisa dibilang Perempuan Tanah Jahanam merupakan film horor terbaik yang tayang tahun lalu.

3. Habibie & Ainun 3 

Setelah sukses dengan film Habibie Ainun 1 dan 2, kisah cinta Habibie dan Ainun kini muncul kembali. Namun, film Habibie&Ainun 3 lebih mengulik kisah Ainun yang belum banyak diketahui. Lika-liku Ainun menggapai cita-citanya menjadi dokter dan kekasihnya sebelum hatinya berlabuh pada Habibie menjadi poin plus film ini. 

Tidak hanya itu, Habibie&Ainun 3 sukses membuat orang terkejut dengan CGI dan tata rias yang mampu menyulap penampilan Reza Rahardian. 

Sebuah film dapat sukses dipasaran dikarenakan berbagai faktor. Akting aktor saja tidak cukup membuatnya menarik perhatian penonton. Perpaduan jalan cerita yang menarik, sinematografi yang apik ditambah penghayatan aktor akan perannya menjadikan sebuah film sempurna. Terlebih lagi apabila promosi film dilakukan dengan tepat, maka sebuah film akan laris di pasaran. 

Jika kamu ingin belajar lebih jauh mengenai pembuatan film, kamu bisa belajar melalui Internasional Design School (IDS). Dengan begitu, bisa saja kamu berhasil menjadi salah satu pencipta film terbaik di Indonesia.