Sayuran merupakan salah satu bahan makanan penting yang harus selalu ada di kulkas Anda. Banyak nutrisi terkandung dalam sayuran yang berperan penting untuk kesehatan ibu dan keluarga. Sebelum mengkonsumsi sayuran, ibu pasti akan memasaknya terlebih dahulu agar terasa lezat. Namun tahukah Anda bahwa nutrisi dalam sayuran bisa hilang jika diolah dengan cara yang salah? Hal tersebut lantaran panas yang digunakan untuk memasak sayuran dapat menghilangkan nutrisi sayuran, khususnya mineral dan vitamin. Namun tenang saja, berikut ini ada tips menjaga nutrisi dalam resep sayuran yang bisa Anda ikuti

Cuci dengan Air Mengalir

Sebelum memasak, tentu saja Anda harus membersihkan sayuran dari berbagai kuman, bakteri, maupun pestisida yang menempel. Namun kesalahan sebagian besar orang adalah mencuci sayur dengan cara direndam. Mencuci sayur dengan cara direndam dapat menghilangkan nutrisinya, terutama vitamin C yang rentan terhadap air dan udara. Cara mencuci sayur yang benar adalah dengan air mengalir sehingga tidak terendam air dalam waktu yang lama.

resep sayuran
                                                                            resep sayuran

Potong dengan Ukuran Besar

Potongan sayur dalam ukuran besar ternyata juga mampu menjaga nutrisi yang dikandungnya, terutama sayur yang banyak mengandung vitamin C. Semakin kecil sayur yang Anda potong maka kandungan nutrisinya akan semakin hilang. Jika dirasa potongan terlalu besar untuk dimakan, Anda bisa memotong kecil-kecil setelah sayur selesai dimasak.

Perhatikan Suhu, Waktu, Serta Air

Tips menjaga nutrisi dalam resep sayuran selanjutnya adalah dengan menjaga suhu, waktu, serta air yang digunakan dalam pemasakan. Suhu yang terlalu tinggi, waktu memasak yang terlalu lama, serta penggunaan air yang berlebihan dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung. Jadi sangat disarankan untuk memasak sayur yang mengandung vitamin larut air dengan cara dikukus.

Gunakan Metode Memasak yang Benar

Cara atau metode memasak juga sangat berpengaruh terhadap kandungan yang ada di dalam sayuran. Jika Anda menggunakan cara yang salah maka akan banyak nutrisi sayuran yang terbuang sia-sia. Beberapa cara atau metode yang disarankan untuk menjaga nutrisi sayuran diantaranya yaitu kukus, panggang di dalam oven atau kompor, tumis dengan minyak sedikit, dan rebus sayuran sebentar.

Itulah tips menjaga nutrisi dalam resep sayuran agar Anda tidak kehilangan manfaat baik dari sayur-sayuran. Nutrisi dalam sayuran sangat penting untuk kesehatan anak, jadi akan sangat disayangkan jika Anda memasaknya dengan salah yang berakibat pada hilangnya nutrisi tersebut. Semoga informasi di atas dapat membantu ibu menjaga nutrisi untuk si kecil.