cara menyembuhkan batuk pada anak
cara menyembuhkan batuk pada anak

Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak-anak. Akibat masalah tersebut, anak-anak mengalami gangguan tidur, rewel, hingga nafsu makan yang berkurang. Anda perlu menemukan cara menyembuhkan batuk pada anak agar aktivitasnya berjalan seperti semula. Tidak perlu kebingungan lagi, berikut ini ada beberapa cara atau tips yang bisa Anda lakukan untuk meredakan batuk pada Si Kecil:

Pastikan Si Kecil Beristirahat

Beberapa anak masih tetap ingin bermain dan melakukan aktivitas seperti biasa ketika batuk. Namun agar batuk segera reda, Anda perlu membatasi waktu bermain Si Kecil. Pastikan mereka mendapatkan istirahat yang cukup. Akan lebih baik apabila Si Kecil hanya bermain di dalam rumah saja sebelum batuknya sembuh.

cara menyembuhkan batuk pada anak
cara menyembuhkan batuk pada anak

Berikan Obat Batuk Khusus Anak

Ada beberapa jenis batuk yang perlu Anda kenali sebelum memberikan obat batuk. Selain jenis batuk yang dialami Si Kecil, Anda juga perlu memperhatikan dosis, waktu pemberian obat, serta jumlah obat yang perlu diberikan. Pemberian obat batuk yang tepat sesuai dengan anjuran dokter. 

Pastikan Asupan Cairan Cukup

Cara menyembuhkan batuk pada anak selanjutnya yaitu memastikan Si Kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup. Dehidrasi pada anak bisa memperparah kondisi batuk mereka. Apabila Si Kecil masih mengonsumsi ASI, maka berikan ASI yang cukup. Sedangkan anak yang sudah tidak mengonsumsi ASI bisa diberikan air putih.

Hindari Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Batuk

Pada kondisi batuk yang belum terlalu parah, beberapa anak masih mengonsumsi semua jenis makanan yang mereka sukai. Padahal ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi, khususnya oleh mereka yang sedang mengalami batuk. Makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat batuk yaitu makanan yang digoreng, minuman dingin, dan minuman manis.

Pastikan Posisi Tidur Anak Nyaman

Posisi tidur ternyata juga memengaruhi gejala batuk yang dialami anak. Pastikan posisi tidur anak nyaman agar batuknya tidak kambuh saat tidur. Jika batuk kambuh saat tidur makan kualitas tidur mereka bisa terganggu. 

Posisi tidur yang tepat adalah kepala agak diangkat dengan bantal yang tinggi. Selain itu, usahakan agar anak tidur miring ke kiri atau kanan. Pasalnya tidur terlentang bisa mengganggu pernapasan dan membuat lendir menumpuk di bagian tenggorokan.

Jauhkan Si Kecil dari Pemicu Alergi

Batuk pada anak salah satunya disebabkan oleh alergi. Apabila Si Kecil mengalami batuk karena alergi, Anda wajib menjauhkan alergen dari mereka. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah, kasur, dan lain sebagainya. Banyaknya debu, bulu hewan, atau jamur bisa membuat batuk karena alergi menjadi kambuh.

Bawa Ke Dokter

Anda perlu segera membawa Si Kecil ke dokter apabila batuk parah dan tidak kunjung sembuh. Beberapa gejala yang harus segera ditangani dokter yaitu batuk disertai demam, sulit bernapas karena batuk, nyeri dada, batuk rejan, tidak mau makan, serta batuk disertai muntah-muntah.

Itulah cara menyembuhkan batuk pada anak yang bisa Anda coba untuk lakukan. Bagi Anda profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak, jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan para profesional di Nutricia Professional. Platform satu ini dikembangkan untuk profesional yang selalu ingin belajar dan mendapatkan ilmu baru.

Nutricia Professional memiliki empat fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan di antaranya yaitu E-Module, Web Seminar, Event Calendar, serta Expert’s Podcast. Sebelum menggunakan atau memanfaatkan fitur-fitur tersebut, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi bisa dilakukan melalui website resmi Nutricia Profesional di alamat www.nutriciaprofessional.id.