desain ruang tamu
desain ruang tamu

Ruang tamu merupakan ruangan yang sangat penting karena digunakan untuk menyambut tamu yang datang. Melalui ruangan inilah, kesan dari hunian Anda bisa terlihat oleh para tamu. Untuk menampilkan kesan yang baik, maka Anda harus desain ruang tamu dengan baik.

Langkah pertama dalam mendesain ruang tamu adalah menentukan desain. Ada cukup banyak desain ruang tamu yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Pemilihan desain ini bisa disesuaikan dengan karakter atau selera Anda. Berikut ini ada 10 ide desain yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai inspirasi:

Japanese Scandinavian

Sesuai namanya, desain ini menggabungkan antara gaya berunsur Jepang dengan Skandinavia. Kedua gaya tersebut bisa membuat ruang tamu Anda tampak lebih simple namun tetap bersahaja. Beberapa karakteristiknya yaitu dominan gelap, menggunakan material kayu, keramik, serta dekorasi buatan tangan.

desain ruang tamu
desain ruang tamu

Modern Kontemporer

Desain kontemporer masih saja menjadi favorit para anak muda. Hal tersebut lantaran desain ini memberikan kehangatan yang tidak diberikan pada desain lainnya. Biasanya desain modern kontemporer menggunakan jendela yang besar, ornamen kayu, serta dinding putih.

Futuristis

Para anak muda di masa ini lebih suka dengan hal-hal yang praktis dan simple. Desain ini melambangkan karakter para anak muda tersebut. Untuk menambah nilai estetis, biasanya akan dipasang lukisan besar yang unik pada bagian dinding.

Klasik

Desain klasik adalah desain yang tak lekang oleh waktu atau tidak pernah ketinggalan zaman. Perpaduan desain klasik dengan perlengkapan modern pasti bisa membuat ruang tamu Anda tampak menakjubkan. Gunakan warna netral untuk kesan menenangkan.

Bohemian

Bohemian termasuk ke dalam desain ruang tamu yang baru. Namun jangan salah, desain ini sangat digemari dan mulai populer seperti desain minimalis. Bohemian menggunakan tampilan yang netral sehingga ruangan lebih bersih dan cerah.

Minimalis Monokrom

Desain minimalis tidak akan pernah ketinggalan jika kita membicarakan desain interior. Desain ini paling disukai, terutama jika ruang tamu Anda berukuran terbatas. Padukan dengan desain monokrom agar ruang tamu tidak terlihat terlalu kaku. 

Minimalis Simple

Selain minimalis monokrom, Anda juga bisa mempertimbangkan desain minimalis simple. Semua perabotan maupun dekorasi yang digunakan pada desain ini sederhana dan organik. Contohnya yaitu meja yang menggunakan alas unik, bangku dari kayu, rak buku dari kayu, dan lain sebagainya.

Industrial

Ingin menerapkan konsep yang unik dan berbeda? Cobalah mempertimbangkan gaya industrial. Gaya ini unik karena materialnya tampak belum sempurna sehingga lebih terekspos. Karena menampilkan kesan dingin dan kaku, cobalah menambahkan material kayu.

Vintage

Satu lagi desain untuk ruang tamu yang terkesan cukup unik adalah desain vintage. Kelebihan desain vintage yaitu tampilan dan kesan hangat layaknya rumah idaman. Biasanya desain vintage menggunakan warna pastel yang ringan serta material alami seperti rotan dan bambu.

Retro

Ide desain selanjutnya adalah desain ruang tamu yang paling unik. Karakteristik utama desain retro adalah penggunaan warna kontras dengan dekorasi pop art. Biasanya orang-orang yang memiliki jiwa seni tinggi yang memilih desain interior satu ini.

Itulah 10 ide desain ruang tamu yang bisa Anda pilih. Bagi pemilik hunian dengan ukuran terbatas, banyak orang memilih gaya minimalis karena bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Ingin mendapatkan ide-ide desain lainnya? Cobalah mengunjungi platform Masterumah.id.

Melalui platform tersebut Anda bisa menemukan banyak sekali ide-ide seputar hunian. Selain itu, Masterumah.id juga menyediakan ruang untuk berbagi inspirasi dengan orang lain. Selengkapnya bisa langsung Anda lihat sendiri di website www.masterumah.id