Seiring dengan usianya, bayi akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Perkembangan umumnya terjadi di setiap pertambahan usia, khususnya perkembangan anak 6 bulan yang mengalami perkembangan signifikan.

Berikut ini kami akan paparkan apa saja perkembangan-perkembangan yang terjadi pada si kecil yang sudah berusia 6 bulan.

 

  1. Mulai Tertarik dengan Area di Sekitar

Anak-anak di usia 6 bulan sudah memiliki ketertarikan pada area di sekitarnya. Si kecil sudah beranggapan bahwa ada tempat yang menarik di luar sana yang bisa mereka eksplorasi. Selain itu, di usia ini si kecil juga sudah bisa tertawa.

 

  1. Sudah Bisa Diberikan Makanan Padat

Anak yang berusia 6 bulan sudah diperbolehkan diberi makanan padat atau makanan pelengkap ASI atau disebut juga MPASI pertama. Namun tekstrnya harus lembut agar mereka mudah mengkonsumsinya karena sistem pencernaan anak di usia tersebut masih belum optimal.

 

  1. Sudah Bisa Menahan Bobot Badannya

Anak-anak di usia 6 bulan sudah bisa menahan berbagai posisi. Mulai dari duduk, dan mencoba berbagai posisi lainnya. Namun aktivitasnya harus tetap mendapatkan pengawasan khusus.

 

  1. Keterampilan Motorik di Usia 6 Bulan

Si kecil juga sudah bisa merangkak maju maupun mundur. Sealain itu, anak-anak juga sudah bisa meluncur di atas perut sambil mendorong ke lantai. Selain itu juga sudah memiliki keterampilan motorik.

 

  1. Pola Tidur

Anak-anak di usia 6 bulan juga memiliki pola tidur yang berbeda dari usia-usia sebelumnya. Si kecil di usia 6 bulan umumnya juga sering mengalami kesulitan untuk tidur. Cara mengatasi si kecil yang sulit tidur bisa dengan menunggunya ketika sudah meletakkannya di atas tempat tidur.

 

 

  1. Pola Makan

Pola makan si kecil di usia 6 bulan juga sudah bisa mengkonsumsi MPASI atau makanan padat. Anda juga sudah bisa memberinya makanan seperti sayuran maupun buah-buahan yang lezat dan juga bernutrisi tinggi.

 

Demikian informasi seputar perkembangan anak 6 bulan yang bisa Anda perhatikan. Dengan mengetahui perkembangannya, sedikit banyaknya Anda akan mengetahui sudah sejauh mana si kecil tumbuh dan berkembang, khususnya di usia yang sudah memasuki 6 bulan. Semoga bermanfaat.