wyeth gold
wyeth gold

Stimulasi atau rangsangan merupakan salah satu faktor yang membantu proses tumbuh kembang anak lebih optimal. Mam bisa memberikannya sejak dini namun harus disesuaikan dengan tahapan usia dan perkembangan otak anak. Agar bisa memberikan stimulasi yang benar dan tepat, Anda perlu mengetahui jenis, frekuensi, bentuk, durasi, dan lain sebagainya. Langsung saja, berikut ini beberapa tips memberikan stimulasi pada anak yang bisa diikuti:

Jenis dan Bentuk Stimulasi yang Tepat untuk Anak

Anda perlu mengetahui jenis dan bentuk stimulasi yang tepat untuk membantu mengembangkan sirkuit otak Si Kecil. Stimulasi yang tepat tersebut biasanya yaitu kegiatan interaktif yang berkaitan dengan memberi dan juga menerima. Aktivitas interaktif tersebut mampu meningkatkan kreativitas, pengembangan ide-ide, dan lain sebagainya. Pasalnya melalui kegiatan interaktif, Si Kecil bisa belajar menerima informasi kemudian memberikan respon terhadap informasi yang diterima.

wyeth gold
wyeth gold

Durasi dan Intensitas Seimbang

Pemberian stimulasi pada anak usia dini ternyata perlu memperhatikan durasi dan intensitas yang seimbang. Artinya stimulasi tersebut tidak boleh kurang namun juga tidak boleh berlebihan. Karena hal tersebut, stimulasi dapat diberikan melalui aktivitas alami yang biasa dilakukan Si Kecil setiap hari. Sebagai contoh yaitu permainan yang menyenangkan dan aman. Tujuan stimulasi bukan untuk mempercepat kemampuan Si Kecil namun mendorong mereka melakukan sesuatu sesuai keinginannya. 

Berikan Stimulasi Secara Reguler

Pemberian stimulasi tidak bergantung pada frekuensi, namun lebih bergantung pada seberapa reguler sebuah stimulasi diberikan pada Si Kecil. Memberikan stimulasi secara reguler ternyata memberikan dampak yang lebih positif dibandingkan dengan memberikan stimulasi dalam durasi lama.

Prinsip Stimulasi Dini

Tips terakhir yaitu mengetahui prinsip stimulasi dini. Ada beberapa prinsip yang perlu Mam pahami sebelum memberikan stimulasi. Adapun prinsipnya tersebut yaitu berlandaskan kasih sayang dan cinta, dengan cara menyenangkan, menggunakan alat bantu sederhana dan aman, diberikan secara rutin dan reguler, disesuaikan dengan jenis kemampuan yang ingin distimulasi, serta melakukan penilaian keberhasilan dengan cara pemantauan.

Itulah tips yang bisa diikuti dalam memberikan stimulasi pada Si Kecil. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian  susu Wyeth GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.