Teknologi komunikasi – Kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor terpenting bagi masyarakat. Teknologi memiliki peran sentral dalam kehidupan manusia. Dalam beberapa hal itu akan membuat orang percaya adanya hubungan sinergis antara masyarakat dan teknologi, karena masyarakat bisa bergantung pada keberadaan teknologi.

Sementara itu ada juga pandangan dalam perspektif determinisme Teknologi yakni bahwa fitur teknologi ditentukan oleh penggunanya, dan peran masyarakat progresif untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan teknologi.

Teknologi Komunikasi
Teknologi Komunikasi

Sedangkan yang dimaksud determinisme teknologi adalah teori yang menjelaskan bahwa teknologi adalah media, membentuk cara individu berpikir, merasakan dan bertindak, dan bagaimana masyarakat dapat mengatur diri mereka dalam aktivitas. Dan perspektif kedua determinisme Sosial berpendapat bahwa masyarakat bertanggung jawab atas pengembangan dan penyebaran teknologi ini.

Masyarakat saat ini memiliki kehidupan dimana teknologi modern adalah hal yang mendominasi komunikasi masyarakat. Teknologi juga bisa memberikan bantuan dan telah menjadi bagian penting kehidupan masyarakat.

Perlu Anda ketahui bahwa, berubahnya teknologi itu telah memberi pengaruh pada gaya berkomunikasi dan menunjukkan bahwa orang lebih cenderung mengandalkan teknologi. Perkembangan teknologi komunikasi telah meningkatkan gaya hidup masyarakat. Manusia diciptakan untuk saling melengkapi, inilah yang membuat manusia terdorong untuk memudahkan cara berkomunikasi.

Alat komunikasi yang digunakan semakin canggih dengan perkembangan dunia modern. Kira-kira 30 tahun yang lalu, di Indonesia baru mengenal keberadaan ponsel yang sangat besar dan berat. Kemudian sampai hari ini, ponsel yang beredar semakin tipis dan ringan.

Perkembangan alat komunikasi sekarang ini disesuaikan dengan kebutuhan manusia, sehingga mudah dibawa kemanapun. Pandangan bahwa teknologi komunikasi yang digunakan berpengaruh pada ‘bagaimana’ dan ‘apa’ yang digunakan masyarakat untuk berkomunikasi. Abad ke-21 telah membuat banyak perubahan dalam cara kita bekerja dan juga telah mengubah kehidupan pribadi kita, aktivitas sehari-hari kita.

Sekarang ini sudah banyak berubah dibanding sebelumnya, semua pekerjaan, kegiatan belajar mengajar, dan cara kita berkomunikasi menjadi sangat berbeda. Perubahan yang dimaksud meliputi sistem dan mesin. Misalkan, jaringan internet, Ponsel atau handphone, dan computer. Hal ini telah mempercepat komunikasi serta pertukaran informasi hanya dalam beberapa detik atau menit saja.