Sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid-19, pemerintah mencetuskan ide untuk melakukan tes virus Covid-19 di sejumlah wilayah Indonesia. Beberapa jenis tes pemeriksaan virus Covid-19 yang antara lain Tes Cepat Molekuler (TCM),  Polymerase Chain Reaction (PCR), hingga Rapid Test. Setiap test ini memiliki prosedur, cara dan alat yang berbeda-beda. Kamu bisa mendapatkan layanan Covid test terdekat ini di berbagai rumah sakit serta klinik yang terdaftar. 

Namun sebelum memutuskan mengambil tes yang mana, ada baiknya memahami lebih lanjut mengenai perbedaan masing-masing tes tersebut. Berikut penjelasannya!

  1. PCR (Polymerase Chain Reaction)

Dikutip dari The Guardian, metode PCR adalah sebuah tes yang dapat menemukan partikel virus pada tubuh seseorang dan kemudian menempatkan urutan gen Coronavirus tertentu. Tes PCR dilakukan oleh para petugas medis dengan cara menyeka bagian hidung atau belakang tenggorokan. Tindakan ini bertujuan untuk mengambil sampel air liur atau mengumpulkan sampel cairan dari saluran pernapasan Anda.

Pemeriksaan ini dinilai lebih akurat, karena virus Covid-19 menempel di bagian dalam hidung dan tenggorokan saat masuk dalam tubuh. Hasil tes PCR ini nantinya akan benar-benar, dan mampu menampilkan keberadaan virus SARS-COV2 dalam tubuh seseorang. 

  1. Rapid Test

Rapid test bertujuan untuk screening, yaitu dengan mengambil sampel darah. Tes dengan metode Rapid menggunakan IgG dan IgM yang ada dalam darah. Antibodi ini terbentuk dalam tubuh saat kamu  mengalami infeksi virus. Sehingga jika dalam tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM dalam tubuh kamu  akan mengalami peningkatan. Hasil dari rapid tes ini mampu menunjukkan IgG atau IgM dalam darah hanya dalam waktu 15 hingga 20 menit.

Sehingga hasil dari rapid tes dinyatakan reaktif ada infeksi virus. Tapi hasil ini bukan hasil pasti bahwa seseorang mengidap Covid-19. Setelah menjalani rapid test, biasanya kamu  dianjurkan untuk menjalani tes lanjutan untuk hasil yang lebih valid. 

Rapid test adalah alat tes mandiri yang dikembangkan oleh pengusaha asal Indonesia dan sudah mendapatkan lisensi edar dari sertifikasi CE, National Institute of Virology, Indian Council of Medical Research, dan Amerika Serikat (FDA). Akan tetapi penggunaan rapid test ini harus dilakukan di lembaga medis formal. Kamu bisa Covid test terdekat menggunakan rapid test di beberapa rumah sakit dan klinik yang telah terdaftar di Halodoc. 

  1. TCM (Tes Cepat Molekuler)

TCM adalah jenis tes yang diberikan untuk para pasien yang memiliki penyakit tuberkulosis (TB). pemeriksaan TCM menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. Tes ini akan mampu mengidentifikasi RNA pada virus Covid-19 pada mesin yang memakai cartridge khusus dengan kemampuan mendeteksi virus Covid-19. Hasil dari tes TCM dapat diketahui dalam jangka waktu 2 jam, dimana nantinya ada keputusan apakah si pasien positif atau negatif Covid-19.

Tes dengan metode TCM ini diterapkan sesuai dengan usul dari pemerintah dan telah tersedia di beberapa puskesmas maupun rumah sakit. Bagi yang sudah menjalani tes TCM, nantinya tidak lagi perlu melakukan pemeriksaan spesimen PCR ke rumah sakit, klinik maupun laboratorium. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui masalah Covid-19 dan menjalani Covid test terdekat dengan melihat daftar klinik dan rumah sakit yang ada di halaman ini. Atau, kamu juga bisa kok konsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!