Terkadang Anda dihadapkan dengan situasi yang mendesak seperti kebutuhan sekolah anak, melahirkan, dan operasi. Simpanan Anda pun tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga dalam kondisi seperti ini Anda membutuhkan dana yang cepat dalam jumlah besar. Salah satu solusi untuk mengatasi kebutuhan mendesak ini yakni dengan menggadaikan BPKB mobil Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa dengan cepat mendapatkan uang tunai dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Namun, Anda perlu berhati- hati dalam memilih tempat gadai BPKB mobil Anda. Anda perlu memilih tempat gadai yang aman dan terpercaya. Lalu, bagaimanakah memilih lembaga yang tepat? Berikut ini beberapa trik memilih lembaga gadai agar terhindar dari penipuan.

tempat gadai bpkb mobil
tempat gadai bpkb mobil

1. Pastikan ada izin OJK dan APPI

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menggadaikan BPKB kendaraan Anda adalah pastikan apakah lembaga tersebut sudah mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan terdaftar di APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Nasional). Bila lembaga pilihan Anda telah memiliki kedua izin tersebut, maka dipastikan lembaga yang Anda tuju merupakan lembaga yang profesional. Anda tidak perlu khawatir karena lembaga tersebut jelas terdaftar kredibilitasnya atau bukan lembaga bodong yang bisa kapan saja bangkrut.

2. Periksa identitas kreditur

Sebelum Anda menjaminkan surat- surat berharga, Anda perlu memeriksa kejelasan identitas kreditur. Anda harus memahami dengan baik pihak yang memberi tawaran pinjaman kepada Anda. Untuk itu periksalah alamat kantornya, kontak yang dapat dihubungi, badan hukum yang menjamin, dan izinnya. Ketahui juga nama pendiri, tahun berdiri lembaga, serta penanggungjawab di kantor.

3. Perhatikan jumlah cabang

Kemudian Anda perlu juga memperhatikan jumlah kantor cabang pada calon lembaga yang Anda tuju. Biasanya lembaga kreditur profesional memiliki kantor cabang yang banyak karena memiliki dana yang besar dan stabil sehingga mampu melakukan ekspansi. Selain itu, jumlah cabang yang banyak menandai lembaga kreditur tersebut baik kredibilitasnya dan dapat dipercaya.

4. Kenali reputasi di masyarakat

Suatu lembaga kreditur yang kredibel pasti memiliki reputasi yang baik pula di masyarakat. Untuk itu, Anda perlu mengenali lembaga kreditur sebelum mengajukan pinjaman disana. Bacalah ulasan- ulasan dari masyarakat mengenai pengalaman mereka tentang pelayanan dan keamanan lembaga tersebut. Jika banyak review positif dan rekomendasi, Anda dapat mempercayainya.

5. Abaikan tawaran bombastis

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan dan paling penting adalah abaikan tawaran pinjaman yang bombastis. Anda memang sedang butuh dana besar dan cepat, namun hal ini bukanlah alasan yang tepat bagi Anda untuk terjebak dalam tipuan perusahaan abal- abal. Biasanya tawaran ini berupa jaminan cepat cair, bunga rendah, atau tidak dikenai ongkos tambahan. Hal seperti inilah yang menyebabkan maraknya kasus penipuan terjadi saat ini. Anda harus mewaspadai dan memahami jika dalam setiap pinjaman yang Anda ajukan, akan ada bunga dan biaya tambahan.

Untuk itu, BFI Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia, hadir sebagai solusi di tengah- tengah masyarakat. BFI Finance bertujuan untuk membantu masyarakat agar mendapatkan kredit yang aman dan terpercaya. Anda pun dijamin akan mendapatkan pelayanan yang prima dan profesional.

Sekian sederet trik yang dapat Anda terapkan dalam memilih tempat gadai BPKB mobil yang aman dan terpercaya agar terhindar dari penipuan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.