Setiap wanita pastinya selalu menginginkan yang terbaik dalam setiap hal. Terlebih dalam pemilihan cincin, pemilihan cincin berlian wanita menjadi salah satu pilihan teratas sebagai balutan indah yang melingkar dijari para wanita ini. 

Akan tetapi sayangnya, tidak semua wanita Indonesia paham betul mengenai memilih model cincin berlian yang asli dan benar-benar berkualitas, yang dijual dipasaran. Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai ciri-ciri dari berlian asli. Yang dimana setelah anda mengetahui ciri-ciri dari berlian asli ini, anda jadi lebih mudah untuk mengenali berlian kw atau berlian yang dijual mahal, namun memiliki kualitas berlian yang kurang baik. 

Lebih lengkapnya, mengenai ciri ciri dari cincin berlian wanita yang asli ini, bisa anda simak sebagai berikut.

  • Berlian asli memiliki sifat yang kuat dan kokoh

Berlian merupakan salah satu perhiasan yang dikenal karena ketahanannya yang sangat baik. Hal ini dikarenakan untuk berliannya ini sendiri, merupakan salah satu batu terkuat dan terkeras, yang ada di dunia saat ini. Dengan demikian, apabila anda mendapati berlian yang mudah retak atau belah ketika mendapatkan benturan yang sifatnya ringan, maka anda patut waspada terhadap keaslian dari berliannya itu sendiri.  

  • Berlian asli tahan akan goresan

Menyambung poin diatas, karena berlian merupakan salah satu batuan terkeras yang ada di bumi ini, maka sifat dari berlian yang asli pun akan lebih kuat dan tahan akan goresan. Untuk memastikan hal ini, anda bisa melakukan cara pengujian goresan berlian ke sebuah kaca. Bila setelah digoreskan ke kaca dan di berliannya terdapat goresan, maka bisa dipastikan berlian tersebut adalah palsu. 

  • Berlian asli tidak berkabut

Masih berhubungan dengan kaca, untuk memastikan keaslian berlian juga bisa anda lakukan dengan cara menghembuskan nafas ke arah berlian, sama halnya ketika anda sedang gabut dan menghembuskan nafas ke kaca cermin. Kalau di cermin, nafas anda yang hembuskan tentunya akan meninggalkan bekas dan bisa hilang tapi dalam hitungan waktu yang cukup lama. Nah, berbeda halnya ketika anda menghembuskan nafas ke permukaan berlian, embun hasil dari hembusan nafas anda sejatinya tidak akan menimbulkan bekas apapun, dan bisa hilang dengan begitu cepat. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena sifat dari berlian ini sendiri adalah bisa menjadi sebuah penghantar panas yang cukup baik. 

  • Berlian asli mampu memantulkan cahaya dengan baik

Kilauan indah yang dihasilkan oleh berlian, itu bisa terjadi karena berlian asli memiliki sifat yang bisa memantulkan cahaya dengan sangat baik di setiap sisinya. Kalaupun didapati kilauan dalam sebuah berlian bisa terlihat pada permukaan tertentu saja, bisa jadi berlian tersebut adalah berlian yang palsu. Dan sejatinya pantulan cahaya dari berlian ini sendiri tidak memiliki banyak pantulan warna, apalagi warna-warni layaknya pelangi. 

  • Berlian asli tidak bisa mencerminkan dengan jelas

Coba taruh berlian yang mau anda uji keasliannya di atas sebuah buku atau media baca lainnya yang ada di sekitar anda. Bila tulisannya masih bisa terbaca dengan jelas, maka untuk keaslian berlian sangatlah diragukan. Karena sejatinya salah satu ciri dari berlian yang asli ini adalah, tidak bisa mencerminkan dengan jelas karena hanya mampu membiaskan cahaya ke arah sebaliknya, bukan dalam garis lurus. 

  • Berlian asli memiliki kepadatan yang tinggi

Ciri berlian asli selanjutnya yang bisa anda beli di Mondial Jeweler adalah, berlian asli tidak akan mudah tenggelam ketika anda coba memasukannya kedalam sebuah wadah berisikan air. Hal ini dikarenakan ciri dari berlian asli adalah memiliki sifat kepadatan yang sangat tinggi, jadi tidak memungkinkan untuk berlian asli ini mengapung di atas permukaan wadah airnya itu sendiri.